Background Image

Ikan Koi yang Populer

koi-mashpee

Cantiknya ikan koi, tetap menjadi pilihan sebagai hiasan kolam pada hunian. Warna-warna indah yang cerah, membuat ikan koi tak bosan untuk dipandang dan dimiliki sebagai hobi.

krisendramedia – Sejak dulu, ikan koi telah menjadi pilihan beberapa pecinta ikan sebagai hiasan pada kolam di rumahnya. Semakin banyak jenis dan beragam warnanya, semakin ikan tersebut terlihat menawan.

Seiring berkembangnya, budidaya ikan koi pada setiap Jenisnya mengalami perkembangan dan pertumbuhannya menjadi semakin banyak jenis.

Jenis-jenis ini didasarkan pada pola warna pada koi, sisik dan lain-lain. Pada akhirnya banyak sekali jenis-jenis ikan koi yang disusun dalam klasifikasi ikan koi sebagai identifikasi. Dalam masing-masing kelas ini, ada beberapa sub Kategori yang ragam nya juga cukup banyak.

Klasifikasi Ikan Koi yang umum terdiri atas tipe Koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono, yang beberapa diantaranya juga jenis-jenis ikan koi yang begitu populer di Indonesia.

tancho-koi-fishTancho

Ikan koi jenis ini tak terdapat warna merah pada tubuhnya. Namun pada kepalanya terdapat warna merah.

Pada katagori varietas, sudah banyak disebutkan macamnya seperti Tancho-Kohaku, Tancho-Sanke, dan Tancho-Showa.

hikarimoyo-mono-koi-fishHikarimoyo-mono

Hikarimono-Kinginrin adalah Hikarimono yang mempunyai unsur warna perak yang relatif masih baru. Platinum-Ogon dan Yamabuki-Ogon yang ada unsur peraknya merupakan ikan yang benar-benar menawan.

kawarimono-koi-fishKawarimono

Ikan koi yang termasuk dalam daftar Kawarimono adalah Karasugoi (Dark Koi), Kigoi (Yellow Koi), Chagoi (Brown Koi), Midorigoi (Green Koi), dan Matsuba.

Karasugoi mempunyai badan yang lebih gelap dibandingkan Magoi (koi hitam). Sedangkan Kigoi, adalah koi yang mempunyai badan berwarna kuning. Bahkan beberapa Kigoi mempunyai mata berwarna merah.

asagi-koi-fishAsagi

Asagi adalah koi yang mempunyai badan berwarna biru atau biru cerah dengan pipi, perut, dan lipatan sirip berwarna merah. Sisik-sisiknya berwarna biru cerah dan membentuk susunan yang tidak bercacat.

Walaupun Asagi cenderung mempunyai kepala yang ada nodanya, tapi sebenarnya yang bersih tak bernoda lebih disukai.

Beberapa Asagi tidak punya warna merah pada perutnya. Warna merah ini konon akan menjalar ke punggung dan menutupi warna biru sejalan dengan umur Asagi.

utsurimono-koi-fishUtsurimono

Yang termasuk ke dalam Utsurimono adalah Shiro-Utsuri, Ki-Utsuri, dan Hi-Utsuri.

Shiro-Utsuri adalah koi yang mempunyai warna putih berbentuk kerucut pada badannya yang hitam. Pada lipatan sirip dadanya terdapat warna hitam.

Shiro-Utsuri sering disebut juga sebagai Shiro-Utsushi. Ki-Utsuri adalah koi yang mempunyai bentuk kerucut berwarna kuning pada badannya yang hitam.

Sedangkan Hi-Utsuri adalah koi yang warna kuningnya menyerupai warna merah. Warna hitamnya sangat kontras dengan warna merah. (#khrismiarti / berbagaisumber)

Khrismiarti Sutrisno
No Comments

Post a Comment

You dont have permission to register

Password reset link will be sent to your email